Rabu, 04 Maret 2015

Cerita Rakyat Bali : Kesuna & Bawang


Cerita Rakyat Bali

Mungkin Ada Sedikit Perbedaan dengan cerita ini,kalau dibuku bacaan saya,Kesuna yang jahat,tapi di blog Bawang yang jahat.....Cerita ini sih Bawang Yang jahat.

Kesuna & Bawang

          Bawang adalah anak yang manja,hampir semua pekerjaan rumah Kesuna yang mengerjakannya,namun karena Bawang pandai mengambil hati orang tuanya,maka dialah yang paling disayang orang tuanya.

          Pada suatu hari ayah mereka ke sawah dan ibu ke pasar,Kesuna minta bantuan Bawang untuk mengerjakan pekerjaan rumah,namun Bawang selalu menolaknya,dan akhirnya Kesuna mengerjakan semuanya sendiri.Setelah semua beres,Kesuna pergi ke sungai untuk mandi.Ketika Kesuna masih di sungai,ibu mereka pulang,Bawang segera melumuri dirinya dengan debu dan mengatakan bahwa seharian ini dia mengerjakannya sendiri sementara Kesuna bermain - main.

          Ketika Kesuna pulang dari sungai,ia dimarahin ibunya dan diusir dengan sapu lidi.Kesuna dengan sedih pergi berlari ke hutan.Dilihatnya banyak burung Crukcuk Kuning.

" Crukcuk Kuning,
  patuklah kepalaku,
  agar aku cepat mati "

Burung Crukcuk Kuningpun mematuk kepalanya Kesuna,namun Kesuna tidak mati,malah mahkota emas ada di kepalanya.

" Crukcuk Kuning,
  patuklah leherku,
  agar urat nadiku cepat putus "

Namun kelung emas muncul di lehernya,begitu juga dengan telinga,pergelangan tangan,pergelangan kaki,dan jari jarinya,tubuhnya dipenuhi oleh emas.Kesuna sangat kaget,ia menginap dirumah neneknya.

         Suatu hari,Bawang pergi kerumah neneknya untuk meminta kayu bakar,dilihatnya Kesuna dipenuhi oleh emas,ditanyakannya cara Kesuna mendapatkannya,karena Kesuna adalah anak yang baik dan jujur maka diberitahulah oleh Kesuna.Dengan cepat Bawang pulang dan pura pura dimarahi oleh ibunya,iapun menangis lalu pergi kehutan.

" Crukcuk Kuning,
  patuklah kepalaku,
  berikanlah aku mahkota emas "

Crukcuk Kuning mematuk kepala Bawang,namun bukan Mahkota yang muncul,melainkan lintah besar dikepalanya,namu Bawang tidak menyadarinya.Crukcuk kuning mematuk seluruh tubuh Bawang,namun luka serta ular mengelilingi leher Bawang dan lipan di jari Bawang.Bawang pun berteriak minta tolong,namun tidak ada yang mendengarnya,ia sangat menyesal.

Jadi,jangan suka bohong,ingat ya,kita harus berbuat baik :)p.
Makasih semuanyaa :*


2 komentar:

  1. Maaf sebelumnya yaa......itu saya lupa edit,Bawang yg jahat ya :v

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus